Pertama buat kelas ObjectTime
dimana kelas ini adalah data dari waktu yang akan dibuat Object
seperti ini :
Data
Jam    : Type Integer;
Menit : Type Integer;
Detik  : Type Integer;
Program :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 * creator mancaem
 */
package maketimer;
public class ObjectTime {
    int jam;
    int menit;
    int detik;
    public ObjectTime(){
    }
    public ObjectTime(int jam, int menit, int detik) {
        this.jam = jam;
        this.menit = menit;
        this.detik = detik;
    }
    public int getDetik() {
        return detik;
    }
    public void setDetik(int detik) {
        this.detik = detik;
    }
    public int getJam() {
        return jam;
    }
    public void setJam(int jam) {
        this.jam = jam;
    }
    public int getMenit() {
        return menit;
    }
    public void setMenit(int menit) {
        this.menit = menit;
    }
}
Kemudian buat kelas Time
kelas ini kita akan gunakan untuk menginputkan data waktu dari system ke kelas
Object Time yang telah kita buat tadi.
Program :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package maketimer;
import java.util.Date;
/**
 *
 * @author mancaem
 */
public class Time {
Date date;
ObjectTime obj;
    public Time(){
    }
    public ObjectTime getTime(){
        date = new Date();
        obj = new ObjectTime(date.getHours(),date.getMinutes(),date.getSeconds());
        return obj;
    }
}
Kemudian kita buat kelas untuk menggerakan waktu atau lebih tepatnya
utility waktu (aktivitas yang akan ditampilkan ke form)
Program :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package maketimer;
/**
 *
 * @author mancaem
 */
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.Timer;
public class MainCounter {
    Timer timer;
    JLabel label;
    ObjectTime obj;
    public MainCounter(JLabel lb){
    this.label=lb;
    }
    void InitialTimer(){
        int h,m,s=0;
        String nh = "",nm="",ns="";
        Time time = new Time();
        obj = time.getTime();
        h=obj.getJam();
        m=obj.getMenit();
        s=obj.getDetik();
        
        if(s<=9)
           ns="0";
        else if(m <= 9)
            nm="0";
        else if(h <= 9)
            nh="0";
        label.setText(nh+h+":"+nm+m+":"+ns+s);
    }
    public Timer getTimer(){
    ActionListener act = new ActionListener(){
            public void actionPerformed(ActionEvent e) {
                InitialTimer();
            }
    };
    timer = new Timer(1000,act);
    return timer;
    }
}
Selesai sudah membuat aktivitas dari Waktu yang akan kita tampilkan.
tinggal kita buat Formnya.
Note : Disini saya tidak akan menuliskan pembuatan Form, karena saya kira
temen-temen udah pada jago untuk membuatnya.
Setelah selasai pembuatan Form, Lalu panggil kelas MainCounter.
Seperti ini.
MainCounter main = new MainCounter(label_waktu);
setVisible(true);
main.getTimer().start();
Buatlah kelas main untuk menjalankan program.
Program :
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 * creator mancaem
 */
package maketimer;
public class Main {
  public static void main(String args[]) {
        java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
                new Waktu();
            }
        });
    }
}
 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar