Minggu, 31 Oktober 2010

Membuat Jam Digital

Pertama buat kelas ObjectTime

dimana kelas ini adalah data dari waktu yang akan dibuat Object

seperti ini :

Data
Jam : Type Integer;
Menit : Type Integer;
Detik : Type Integer;

Program :

/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
* creator mancaem
*/

package maketimer;

public class ObjectTime {

int jam;
int menit;
int detik;

public ObjectTime(){

}

public ObjectTime(int jam, int menit, int detik) {
this.jam = jam;
this.menit = menit;
this.detik = detik;
}

public int getDetik() {
return detik;
}

public void setDetik(int detik) {
this.detik = detik;
}

public int getJam() {
return jam;
}

public void setJam(int jam) {
this.jam = jam;
}

public int getMenit() {
return menit;
}

public void setMenit(int menit) {
this.menit = menit;
}


}

Kemudian buat kelas Time

kelas ini kita akan gunakan untuk menginputkan data waktu dari system ke kelas

Object Time yang telah kita buat tadi.

Program :

/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/

package maketimer;

import java.util.Date;

/**
*
* @author mancaem
*/
public class Time {
Date date;
ObjectTime obj;
public Time(){

}
public ObjectTime getTime(){
date = new Date();
obj = new ObjectTime(date.getHours(),date.getMinutes(),date.getSeconds());
return obj;
}
}

Kemudian kita buat kelas untuk menggerakan waktu atau lebih tepatnya
utility waktu (aktivitas yang akan ditampilkan ke form)

Program :
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/

package maketimer;

/**
*
* @author mancaem
*/
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.Timer;
public class MainCounter {

Timer timer;
JLabel label;
ObjectTime obj;

public MainCounter(JLabel lb){
this.label=lb;
}

void InitialTimer(){
int h,m,s=0;
String nh = "",nm="",ns="";
Time time = new Time();
obj = time.getTime();
h=obj.getJam();
m=obj.getMenit();
s=obj.getDetik();

if(s<=9)
ns="0";
else if(m <= 9)
nm="0";
else if(h <= 9)
nh="0";

label.setText(nh+h+":"+nm+m+":"+ns+s);
}
public Timer getTimer(){
ActionListener act = new ActionListener(){
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
InitialTimer();
}

};
timer = new Timer(1000,act);
return timer;
}
}

Selesai sudah membuat aktivitas dari Waktu yang akan kita tampilkan.
tinggal kita buat Formnya.

Note : Disini saya tidak akan menuliskan pembuatan Form, karena saya kira
temen-temen udah pada jago untuk membuatnya.

Setelah selasai pembuatan Form, Lalu panggil kelas MainCounter.

Seperti ini.

MainCounter main = new MainCounter(label_waktu);

setVisible(true);

main.getTimer().start();

Buatlah kelas main untuk menjalankan program.

Program :

/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
* creator mancaem
*/

package maketimer;


public class Main {

public static void main(String args[]) {
java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
new Waktu();
}
});
}

}

Tidak ada komentar: