Senin, 29 November 2010

Objek dan Sistem

Apa Itu Objek ??

Objek didefinisikan sebagai konsep, abstraksi atau benda dengan batasan dan arti untuk suatu masalah. Objek adalah semua yang berada di sekitar kita, semua hal dapat dianggap objek. Pohon dapat dilihat sebagai kelas atau objek tergantung dari konteks dan masalahnya. Pohon merupakan kelas atau kelas abstrak dimana mempunyai objek seperti pohon mangga, pohon pisang, dan lain-lain.

Identitas Objek

Semua objek mempunyai identitas yang berbeda dengan lainnya. Bila dua buah apel mempunyai warna, permukaan dan tekstur yang sama, masing-masing tetap dapat dipandang sebagai individual apel. Seseorang dapat makan satu dan makan yang lainnya. Objek dapat berarti sebuah barang, atau suatu kelompok barang yang sama. Bila kita menginginkan untuk menunjuk dengan tepat suatu barang, maka digunakan istilah objek instance atau object(objek) dan object class atau class(kelas) untuk menunjukkan suatu grup dari barang yang sama. Setiap objek yang diprogram mempunyai hubungan dengan pendefinisian kelas untuk objek tersebut. Gagasan dasar kelas dalam pemrogramansesuai dengan klasifikasi benda dalam dunia nyata.

Gambaran Kelas

Suatu kelas menggambarkan kumpulan dari objek yang mempunyai sifat(atribut), perilaku umum(operasi), serta relasi umum dengan objek lain. Orang, binatang, perusahaan, proses dan window adalah objek. Setiap objek orang mempunyai nama, alamat dan mungkin pekerjaan. Objek dan kelas sering sama dengan benda dalam deskripsi masalah. Objek dalam kelas mempunyai atribut dan pola perilaku yang sama. Sebagian besar objek diturunkan sifatnya dari perbedaan nilai atributnya dan relasi dengan objek lain. Bagaimanapun juga, terdapat kemungkinan adanya objek dengan nilai atribut dan relasi yang identik.


Apa itu Sistem ??

Kata Sistem awalnya berasal dari bahasa Yunani (sustēma) dan bahasa Latin (systēma). Berikut ini ada beberapa pengertian sistem yang diambil dari berbagai sumber.


  1. Pengertian dan definisi sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks.

  2. Kesatuan gagasan yang terorganisir dan saling terikat satu sama lain.

  3. Kumpulan dari objek atau fenomena yang disatukan bersama untuk tujuan klasifikasi atau analisis.

  4. Adanya suatu kondisi harmonis dan interaksi yang teratur.


Dalam definisi yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan objek/benda yang memiliki hubungan diantara mereka. Biar lebih jelas, mari kita lihat contoh berikut ini.


Contoh konkret dari sebuah sistem diantaranya:


  • Organ tubuh manusia yang membentuk beragam sistem. Sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem eksresi, sistem saraf, sistem kerangka, dll.

  • Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikasi, sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras, sistem jaringan, dll.

  • Rakyat Indonesia yang membentuk beragam sistem di Negara kita. Sistem pemerintahan, sistem keamanan, sistem hukum, sistem kebudayaan, dll.

Tidak ada komentar: